No menu items!
4.4 C
Munich
Rabu, 25 November 20

Masjid Tua di Amerika yang Masih Berdiri Kukuh Sampai Sekarang

Must read

Muhammad Nur Atis, Ketua KKSS Kabupaten Tabalong Pulang Kampung

Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Tabalong, provinsi Kalimantan Selatan Bapak Muhammad Nur Atis berencana membentuk Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) di setiap...

Sejarah Kecamatan Ajangale

As.Al.Wr.Wbr. Pada kesempatan ini, saya akan mengutarakan sejarah singkat kecamatan Ajangale. Namun, sebelumnya saya mohon maaf atas segala kekhilapan. Ajangale merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten...

Kosakata Baru dalam KBBI

Seiring waktu, banyak istilah yang berkembang dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata tersebut akhirnya masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tak hanya yang sering digunakan...

Sejarah Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone

As.Al.Wr.Wb. Kali ini saya akan memaparkan sejarah singkat kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, provinsi Sulawesi Selatan. Namun sebelumnya kami mohon maaf atas segala kekurangan. Cenrana adalah salah...

Seberapa besar jumlah penduduk Muslim di Amerika bukanlah pertanyaan yang mudah dijawab. Pemerintah Federal sendiri tidak punya angka yang resmi, sebagian karena Jawatan Sensus Amerika dalam melakukan sensus tidak menanyai agama seseorang.

Sebab itu tidak ada angka resmi tentang jumlah penduduk Amerika yang beragama Islam baik itu warganegara ataupun penduduk menetap seperti ditulis voaindonesia.com

Namun begitu, berdasarkan survei dan penelitian demografis oleh Pew Research Center maupun juga berbagai sumber luar, ditaksir ada 3,45 juta Muslim dari semua tingkat umur yang hidup di Amerika tahun 2017 dan bahwa Muslim mencapai kurang lebih 1,1 persen dari jumlah penduduk Amerika.

Apabila dibandingkan dengan penganut agama lain Kristen atau Yahudi misalnya, Muslim jauh lebih kecil.

Muslim di negeri ini tidak hidup berkelompok melainkan tersebar di seluruh bagian negeri. Dapat dikatakan di tiap negara bagian ada warga Muslim.

Di ibukota Washington D.C misalnya terdapat jumlah lumayan penduduk Muslim. Sedang di negarabagian New Jersey terdapat jumlah besar warga Muslim.

Mereka tidak hanya berasal dari satu negara tertentu tetapi dari seluruh dunia, terbanyak biasanya dari Asia Selatan.

Orang yang pindah agama tidak memberi dampak besar pada jumlah Muslim Amerika sebagian besar karena jumlah orang Amerika yang memeluk agama Islam sama banyaknya dengan yang meninggalkan Islam.

Walaupun sekitar satu dalam tiap lima Muslim Amerika dewasa dibesarkan dalam agama lain kemudian pindah masuk Islam, jumlah sama yang dibesarkan sebagai Muslim sekarang tidak lagi menyebut diri sebagai penganut Islam.

Sementara waktu berjalan jumlah Muslim di Amerika terus bertambah pada laju kasarnya 100 ribu orang per tahun, baik berkat tingkat kesuburan yang tinggi di kalangan mereka maupun juga migrasi Muslim yang terus terjadi ke negeri ini.

Namun demikian di Amerika sendiri terdapat beberapa masjid tua yang hingga sekarang masih berdiri kukuh dan megah.

Belum ada catatan yang jelas kapan orang muslim masuk ke Amerika untuk pertama kalinya. Namun, sejarawan percaya kehadiran mereka berasal dari wilayah Senegambia di Afrika pada awal abad ke-14.

Ada juga klaim bahwa Christopher Columbus menggunakan buku seorang muslim Portugis untuk melakukan perjalanan ke Dunia Baru pada abad ke-12.

Hal lain yang menjelaskan itu ialah bahwa gelombang pertama Muslim di Amerika adalah budak Afrika di mana 10-15 persen adalah Muslim. Para budak Muslim ini diyakini harus mempraktikkan agama mereka secara rahasia.

Masjid paling awal di AS didirikan oleh umat Islam, sebagian besar dari Suriah dan Libanon, yang berimigrasi ke Amerika antara 1878 hingga 1924.

Banyak masjid ini telah digunakan secara terus menerus dan masih berdiri kukuh bahkan ketika Islamofobia meningkat di Barat, khususnya di Amerika Serikat. Berikut delapan masjid tua di Amerika Serikat menurut catatan oldest.org

1. Masjid Maryam, 1972

Mosque Maryam

Masjid Maryam di Chicago berfungsi sebagai markas Nation of Islam–merupakan cabang Islam yang didirikan oleh orang Afrika-Amerika pada tahun 1930.

Bangunan tempat Masjid Maryam pada awalnya adalah Gereja Ortodoks Yunani terbesar di Amerika.

Lalu dibeli pada tahun 1972 oleh Elijah Mohammed, pemimpin Nation of Islam pada saat itu. Kemudian mengubah bangunan menjadi masjid. Pada tahun 1988, masjid itu dibeli kembali dan didedikasikan kembali oleh Menteri Louis Farrakhan, pemimpin Nation of Islam saat ini.

Di sebelah Masjid Maryam adalah Universitas Islam Muhammad, sebuah sekolah untuk anak laki-laki dan perempuan dari pra-sekolah sampai kelas 12.

2. Pusat Komunitas Muslim Chicago, 1969

Muslim Community Center Chicago

Pada tahun 1969, sekelompok Muslim dari berbagai latar belakang memutuskan untuk mendirikan Pusat Komunitas Muslim (MCC) di Chicago.

Pusat Komunitas Muslim bukanlah masjid pertama di Chicago atau AS, itu adalah salah satu organisasi induk dari banyak kelompok dan masjid muslim Amerika lainnya.

Pusat Komunitas Muslim telah berkembang dalam beberapa dekade terakhir dan sekarang menjalankan dua masjid tambahan dan dua sekolah (pusat pendidikan).

MCC juga menawarkan banyak program berbeda untuk muslim dan nonmuslim di wilayah Chicagoland, termasuk penjangkauan, program penyaringan kesehatan, dan konseling.

3. Pusat Islam Washington, 1952

Islamic Center of Washington

Pusat Islam Washington dibuka pada tahun 1952. Lalu dilakukan upacara dedikasi resmi pada tahun 1957.

Gagasan untuk Pusat Islam Washington dimulai pada tahun 1944 setelah Mr. M. Abu Al- Hawa dan mantan Duta Besar Mesir, Mr. Mahmood Hassan Pasha, bercakap-cakap tentang membangun masjid di Washington, DC.

Setelah perbincangan itu, sekelompok diplomat dan muslim Amerika membentuk Yayasan Masjid Washington guna mengumpulkan dana untuk masjid.

Tanah itu dibeli pada tahun 1946 dan batu penjuru diletakkan pada tahun 1949. Pusat Islam Washington dirancang oleh Mario Rossi, seorang arsitek Italia yang dikenal membangun masjid di Mesir.

Presiden AS Dwight D. Eisenhower menghadiri upacara penahbisan masjid dan berbicara tentang keindahan Islam dan kebebasan beragama di Amerika.

4. Pusat Islam California Selatan, 1952

Islamic Center of Southern California

Pusat Islam California Selatan didirikan pada tahun 1952 oleh sekelompok kecil orang muslim. Menurut salah satu pendiri masjid, Abed Awad, kelompok itu menyewa sebuah bangunan kecil di Hollywood dan menyebut diri mereka sebagai Asosiasi Muslim Amerika di Los Angeles.

Sekitar tahun 1966, ketika komunitas tumbuh lebih besar, Dewan Direktur Islamic Center menyetujui peraturan, mengorganisasi perpustakaan Islam, memulai buletin, dan mengelola layanan konsultasi.

Mereka juga mengubah nama mereka menjadi Islamic Foundation of Southern California.

Yayasan memindahkan masjid ke lokasi saat ini pada tahun 1976 dan terus menjadi tuan rumah layanan reguler serta mengoperasikan New Horizon School (prasekolah).

5. Masjid Fazl Amerika, 1950

American Fazl Mosque

Masjid Fazl Amerika berada di Washington, DC. Didirikan sebagai markas untuk Komunitas Muslim Ahmadiyah Amerika pada tahun 1950.

Bangunan awalnya dibangun pada awal abad ke-20, dipilih oleh Khalil Nasir, pemimpin nasional Gerakan Ahmadiyah dalam Islam di waktu.

Masjid Fazl Amerika adalah markas Ahmadiyah sampai 1994 lalu ia pindah ke Masjid Bait ur-Rahman di Silver Spring, Maryland.

Masjid ini masih terbuka untuk layanan dan acara hari ini. Ada juga wisma bagi pengunjung di Masjid Fazl Amerika.

6. Masjid Kelompok Muslim Amerika Dearborn, 1938

American Moslem Society Mosque

Masjid Kelompok Muslim Amerika Dearborn, Michigan didirikan pada tahun 1938. Ini adalah masjid tertua di negara bagian Michigan.

Awalnya, masjid ini bermula di sebuah rumah kecil tetapi komunitas Muslim di daerah tersebut telah tumbuh. Selama bertahun-tahun, masjid telah mengalami beberapa ekspansi dan saat ini berada di sebuah bangunan besar yang menempati 48.000 kaki persegi.

Pada awal 1980-an, masjid mulai mengirimkan doa melalui pengeras suara menandakan seberapa besar komunitas telah tumbuh dan itu adalah masjid pertama di Amerika Serikat yang melakukannya. Menurut situs American Moslem Society, saat ini ada rencana untuk meningkatkan masjid lagi.

7. Masjid Induk Amerika, 1934

Mother Mosque of America

Masjid Induk Amerika adalah bangunan pertama yang dirancang dan dibangun untuk menjadi masjid. Masjid ini awalnya disebut Kuil Muslim dan selesai pada 15 Februari 1934 di Cedar Rapids, Iowa.

Meskipun Masjid Induk Amerika masih beroperasi hari ini, ia dilanda banjir besar pada tahun 2008. Ruang bawah tanah masjid banjir dan sayangnya, Al-Qur’an serta permadani tertua komunitas hancur.

Mereka telah dibawa ke A.S. oleh nenek moyang komunitas Muslim Cedar Rapids dan berasal dari Kekaisaran Ottoman (Suriah modern dan Libanon). Untungnya lantai utama Masjid Induk tidak tersentuh dan bangunan masih berdiri.

8. Masjid Al-Sadiq, 1921/1922

Al-Sadiq Mosque

Masjid Al-Sadiq di Chicago diyakini sebagai masjid tertua di Amerika Serikat. Masjid ini dijalankan oleh Komunitas Muslim Ahmadiyah, yang merupakan komunitas Muslim tertua di Amerika.

Salah satu misionaris Muslim pertama yang dikirim ke Amerika Serikat adalah Mufti Muhammad Sadiq, yang mendirikan markas besar gerakan nasional dan Masjid pertama di negara itu yang dikenal sebagai Masjid Al-Sadiq sekitar awal tahun 1920.

Masjid Al-Sadiq masih beroperasi oleh Komunitas Muslim Ahmadiyah hari ini. Imam Azam Akram saat ini melayani sebagai Misionaris dan Imam masjid.

- Advertisement -

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest article

Muhammad Nur Atis, Ketua KKSS Kabupaten Tabalong Pulang Kampung

Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Tabalong, provinsi Kalimantan Selatan Bapak Muhammad Nur Atis berencana membentuk Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB) di setiap...

Sejarah Kecamatan Ajangale

As.Al.Wr.Wbr. Pada kesempatan ini, saya akan mengutarakan sejarah singkat kecamatan Ajangale. Namun, sebelumnya saya mohon maaf atas segala kekhilapan. Ajangale merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten...

Kosakata Baru dalam KBBI

Seiring waktu, banyak istilah yang berkembang dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata tersebut akhirnya masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Tak hanya yang sering digunakan...

Sejarah Kecamatan Cenrana Kabupaten Bone

As.Al.Wr.Wb. Kali ini saya akan memaparkan sejarah singkat kecamatan Cenrana Kabupaten Bone, provinsi Sulawesi Selatan. Namun sebelumnya kami mohon maaf atas segala kekurangan. Cenrana adalah salah...

Sejarah Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone

Ass.Al.Wr.Wb.. Pada kesempatan ini, saya akan mengutarakan sejarah singkat kecamatan Awangpone Kab.Bone provinsi Sulawesi Selatan. Awangpone adalah sebuah kecamatan yang ada di kabupaten Bone. Kecamatan Awangpone...

Terpopuler

Filosofi huruf lontara

Lontara' adalah aksara tradisional masyarakat Bugis-Makassar. Lontara sendiri berasal dari kata lontar yang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang ada di Sulawesi Selatan. Istilah lontara...

Contoh Percakapan Bugis

Berikut ini disajikan contoh percakapan bahasa Bugis sehari-hari beserta artinya. Agar kosakata yang disajikan dapat diucapkan dengan baik dan benar maka terdapat 3 poin...

Mengungkap Misteri Kerajaan Gaib Sungai Walenae

Sungai Walenae yang melintasi wilayah kabupaten Bone, Wajo, dan Soppeng, berhubungan erat dengan sungai Cenrana di wilayah Bone yang bermuara di Teluk Bone. Kedua...

Pepatah Bugis Klasik

Pepatah merupakan pribahasa yang berisi nasihat atau ajaran yang diwariskan dari orang-orang terdahulu. Pepatah ini biasanya diungkapkan dalam berbagai kegiatan dalam suasana riang gembira. Contoh: Baik...

Benarkah Ada Wali Tujuh di Sulawesi Selatan?

Apabila di Jawa ada istilah "Wali Songo" atau "Wali Sembilan", maka di Sulawesi Selatan dikenal istilah "Wali Pitu" atau "Wali Tujuh" yang bahkan lengkap...