Refleksi Kelam 2020

Menjelang akhir 2020, negeri ini masih dilanda pandemi mematikan. Mahluk yang begitu lembut menyerang secara nyata seluruh sendi kehidupan manusia. Sejak Maret 2020 terus menunjukkan peningkatan korban terpapar.

Serangan mahluk yang dikenal COVID-19 ini berhasil melumpuhkan keangkuhan manusia bumi yang mau tidak mau harus diakui. Hal itu diperparah semakin menurunnya tingkat kepercayaan kita antar sesama sebagai anak bangsa.

Praktis di sepanjang tahun 2020 ini sepertinya negeri ini menjadi koloni imprealis virus corona yang sampai saat ini kita belum merdeka. Kita belum tahu kapan secara bersama-sama memproklamirkan merdeka dari corona.

Semua ada hikmahnya bila manusia sebagai mahluk yang senang dengan segala pujian pandai-pandai menyukuri nikmat yang diberikan tuhan.

Pandemi virus corona mengajarkan kita untuk bisa lebih arif dan bijaksana dalam menata kehidupan yang lebih baik. Kedamaian hidup merupakan harapan tertinggi bagi manusia yang berpikir waras.

Indonesia yang cantik terbangun dari keberagaman suku, ras, dan agama. Indonesia akan lebih memesona jika seluruh rakyat Indonesia kembali bersatu.

Ketika Indonesia memancarkan keaslian pesonanya sebagaimana yang dilakukan pejuang terdahulu, maka tak satupun yang berani mengusik termasuk corona.

Semoga kelamnya 2020 menjadi sumbu penerang bagi kita semua untuk mengarungi pergolakan hidup cerah 2021. Insya Allah.

#SALAMUNTUKSEMUA

Artikel Lainnya :

Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Advertisment

Instagram

Most Popular

Masuknya Islam di Daerah Bone

Setelah daerah dan kerajaan-kerajaan lain di Sulawesi Selatan memeluk agama Islam, Sultan Alauddin Awwalul Islam adalah da’i yang tak kenal lelah mengajak para raja-raja...

Pengaruh Migran Suku Bugis di Kawasan Timur Indonesia

Suku Bugis merupakan salah satu suku yang ada dan cukup terkenal di dunia. Suku yang tidak asing lagi ini memiliki karakter yang kuat dalam...

Refleksi Kelam 2020

Menjelang akhir 2020, negeri ini masih dilanda pandemi mematikan. Mahluk yang begitu lembut menyerang secara nyata seluruh sendi kehidupan manusia. Sejak Maret 2020 terus...