No menu items!
26.7 C
Watampone
Minggu, 5 April 20

Hubungan Bugis dengan Batavia

Artikel Terbaru

Apa yang Anda lakukan agar terhindar petir, Ini jawabannya

Musim hujan atau musim basah adalah musim dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim...

Google Merilis Pergerakan Ponsel Pengguna Selama Wabah Virus Corona

Pandemi virus cirona membuat pemerintah di berbagai negara mengimbau warganya untuk tidak keluar rumah untuk menekan angka penyebaran virus corona di wilayahnya. Hal tersebut...

Seorang Pria Lanjut Usia Kendarai Mobil Mewah Bagikan Beras Hingga Uang Tunai di Jalan

Belum lama ini dunia maya dihebohkan dengan video yang menjadi viral karena sebuah unggahan. Unggahan video tersebut memperlihatkan seorang pria dengan mengendarai sedan mewah membagikan...

Disebut Negara Adidaya Tapi Kebingungan Hadapi Tentara Corona

Dicap Sebagai Negara Adigdaya, Nyatanya AS Kelabakan Saat Diserang Wabah Corona, Pemerintah Sampai Tega Lakukan Ini Pada Para Gelandangan Amerika Serikat sedang bingung bukan main....

Download Surat Edaran Menteri Kesehatan tentang Penggunaan Bilik Disinfeksi Dalam Rangka Pencegahan Penularan Covid-19

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak menganjurkan penggunaan bilik disinfeksi di kalangan masyarakat umum, terkait pencegahan infeksi virus corona atau Covid-19. Larangan ini tertuang Surat Edaran Nomor:...

Tata Cara Penerapan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB)

Presiden Joko Widodo secara resmi meneken Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus...

Rumah kebun roboh 5 Petani Jagung Di Bone Tewas

Lima orang warga Desa Waempubbu, Kecamatan Amali, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, mengembuskan nafas terakhir setelah tertimpa rumah kebun yang roboh, Jumat 3 Maret 2020 Diduga...

Memori yang terakhir

Ku tak pernah menyangka bahwa puisi pertama dan terakhir Chairil Anwar berkisah tentang kematian. Agaknya dia sengaja. Seolah kematian sudah menjadi teman akrab. Atau...

Apakah Bilik Disinfektan dianjurkan, Ini Jawabannya

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) telah dinyatakan oleh WHO sebagai pandemi, dan Indonesia telah menyatakan COVID-19 sebagai bencana non alam berupa wabah penyakit yang wajib dilakukan upaya penanggulangan...

Ladang Hoaks terkait Virus Corona

Ladang hoaks/kabar bohong saat ini tidak sulit dicari apalagi ditengah pandemi Covid-19. Banyak orang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan situasi ini menyebar hoaks. Salah...

Apa yang dibayangkan tentang Jakarta ternyata sangatlah jauh berbeda. Apa yang diimpikan terpaksa ditanggalkan. Semangatnya yang membara perlahan padam. Demikian patahan lirik lagu Jakarta II sikondang elegi Ebiet G.Ade. Namun bagi Orang Bugis yang dikenal memiliki semangat hidup yang tinggi bukan menjadi lirik yang menakutkan.

Sebenarnya Batavia yang kini disebut Jakarta bukanlah kota menyeramkan selayaknya adagium atau pepatah yang sering kita dengar. Jakarta bahkan adalah kota yang ramah dan menyenangkan.

Betapa tidak, selayaknya perantau pada umumnya, merasa akan teralienasi pasti ada, namun Jakarta soal lain. Selayaknya Ibu, Ibu Kota Indonesia ini juga sangat menjaga anak-anaknya.

Setelah hampir dua tahun tinggal di Jakarta, orang-orang banyak yang menanyakan apakah saya masih beta dan selama tinggal di Jakarta apa saya mendapatkan banyak kesulitan.

Seperti Makassar dan tanah Bugis, Jakarta juga terasa sangat dekat. Tidak sulit menemukan orang-orang berasal dari Sulawesi Selatan di kota ini, kota di mana pusat kebudayaan saling berinteraksi.

Hal itu bukan tanpa sebab, Jakarta memang telah dihuni oleh orang-orang Bugis dan Makassar sejak zaman dahulu, saat Jakarta masih berstatus Batavia.

Hendrik E. Niemeijer dalam bukunya yang berjudul Batavia, Masyarakat Kolonial Abad XVIII menguraikan kronologi pembentukan perkampungan di Batavia. Melalui penelusuran itu, kita juga dapat menemukan, sejak kapan dan asal muasal orang-orang Bugis, Makassar bermukim di Batavia.

Sebenarnya selain orang-orang Bugis dan Makassar, etnis yang lain seperti Jawa, Ambon, dan Bali juga telah ada sejak dahulu, bahkan jumlah mereka lebih banyak.

Dalam catatan sejarah, jumlah orang Bugis-Makassar dan Bali lebih sedikit dibandingkan orang-orang Jawa. Akan tetapi, angka itu masih tinggi dibandingkan etnis-etnis yang lain, seperti Eropa, Cina, dan kelompok Mardiker (De Mardijkers).

Sebanyak 6.000 orang Bugis dan Makassar menempati wilayah di luar tembok kota Batavia, Ommenlanden pada abad ke-17. Sebagian besar di antara mereka juga bekerja sebagai budak.

Orang-orang Bugis dan Makassar yang mendatangi Ommenlanden ditempatkan oleh Pemerintah Agung di perkampungan tertentu. Seiring dengan berjalannya waktu dan banyaknya interaksi antara etnis, di antara suku itu juga banyak yang menikah dan memiliki keturunan.

Di Kampung Pulau Gadung umpamanya, pada abad ke-17 terdapat kampung yang terkenal sebagai tempat berkumpulnya berbagai kelompok etnis Indonesia; terutama di kampung Mangga Doea, dekat benteng Jaccatra. Kampung ini dinamakan demikian karena di dekatnya ada dua pohon mangga besar.

Asal-Usul kedatangan Orang Bugis dan Makassar

Bermukimnya orang-orang Bugis dan Makassar bukan hal yang kebetulan terjadi. Seperti datangnya etnis lain di Batavia, orang-orang Bugis dan Makassar datang karena adanya peristiwa politik dan militer tertentu.

Hendrik E Niemeijer mengungkapkan jika pada tahun 1663, Raja Bugis Patoudjou, salah satu dari empat Raja Bugis tiba di Batavia Bersama anak buahnya. Mereka menumpang beberapa kapal kompeni.

Raja Bugis ini menyeberang ke Buton, untuk menghindari kejaran orang Makassar yang menilai kesepakatan yang dia tandatangani dengan kompeni sebagai pengkhianatan.

Saat tiba di Batavia, orang-orang Bugis tersebut terlebih dahulu harus tinggal sementara di perkebunan kompeni. Mereka diberi sebidang lahan di sebelah barat kali Krukut untuk mereka tinggali.

Sementara itu, pada 25 Oktober 1678, Kapal Tertholen membuag sauh di Teluk Batavia. Kapal itu membawa Raja Arung Palakka yang terkenal beserta sekelompok besar orang Bugis.

Raja Arung Palakka saat itu juga menandatangani kesepakatan dengan kompeni, sehingga antara 1667-1669 mereka akhirnya berhasil menguasai kerajaan Gowa-Makassar. Mengingat pengorbanan besar itu, Pemerintah Agung merasa berkewajiban membawa mereka ke Batavia.

Adapun untuk membiayai hidup para keluarga Bugis di pulau-pulau pertama, Raja Arung Palakka mendapat 1.000 ringgit dan sejumlah pikul padi. Untuk mencegah kecemburuan kepala Kampung Makassar maka Karaeng Bisse juga diberi 400 ringgit untuk keperluan rakyatnya.

Menurut Niemeijer, segala bentuk pemberian yang dberikan orang-orang Bugis dan Makassar bukanlah bentuk kedermawanan, melainkan investasi dalam sumber daya tentara.

Pada masa itu terjadi pemberontakan yang dipimpin Pangeran Trunajaya dari Madura yang ketika itu hendak menggulingkan Raja Mataram. VOC akhirnya memanfaatkan orang-orang Makassar dan Bugis sebagai pasukan yang dapat menumpas pemberontakan tersebut.

Arung Palakka sadar sekaligus maklum saat rakyatnya dimanfaatkan. Tanpa malu-malu ia kemudian meminta upah lebih besar lagi untuk rakyatnya sebesar 12.000 real. Demi mengikat Arung Palakka dan mencegah rakyatnya melakukan hal tidak dikehendakil, uang itu segera diberikan.

Lahan yang ditempati Arung Palakka dan rakyatnya merupakan lahan pinjaman dari kompeni dan tidak diberi hak milik. Begitupun dengan sebidang lahan kompeni yang dipinjamkan kepada kelompok orang Makassar.

Muara Angke

Pada abad ke 17 Arung Palakka pahlawan dan bangsawan Bugis dari Bone berserta pengikutnya pernah bermukim di Angke pada tahun 1663 sebagai tempat penampungan dan pengungsian sementara di Batavia setelah terdesak oleh kerajaan Gowa di Sulawesi Selatan ketika itu.

Kemudian dalam tahun 1666 Arung Palakka kembali bersama pengikutnya dan tentara VOC lainnya ke Makassar untuk menaklukan Sultan Hasanuddin dari kerajaan Gowa di Makassar. Karena sebelumnya Arung Palakka melakukan pembangkangan terhadap akibat perlakuan Gowa terhadap Bugis.

Pengikut Arung Palakka ini adalah prajurit-prajurit tangguh yang disegani lawan dan dinamakan “Toangke” , yakni “orang dari Angke” (People of Angke), dinamakan demikian karena tempat permukimannya di Jakarta terletak di daerah sekitar kali Angke ketika itu. (The Heritage Of Arung Palakka, Leonard Y. Andaya).

Jika merujuk pada kisah ini bisa dibenarkan pula, karena mayoritas penduduk Muara Angke saat ini adalah keturunan Bugis yang lama menetap dikampung nelayan, di samping sebagian suku Jawa, Sunda dan berbagai daerah di Indonesia.

Pendapat yang lain dikemukakan oleh Alwi Shahab, salah seorang penulis dan budayawan Betawi. Menurutnya, kata “angke” berasal dari bahasa Hokkian, yakni “ang” yang berarti merah dan “ke” yang berarti sungai atau kali.

Hal ini terkait dengan kejadian tahun 1740, saat Belanda membantai 10.000 orang Tionghoa di Glodok, yang membuat warna air Kali Angke yang semula jernih menjadi merah bercampur darah. Namun, menurut budayawan Betawi Ridwan Saidi, kata “angke” berasal dari kata Sanskerta, “anke”, yang berarti kali yang dalam.

Beberapa tempat di Jakarta (Batavia) terkait dengan Bugis. Dalam sejarahnya kota Jakarta, tidak lepas dari etnis-etnis yang mendiami kota tersebut. Berikut ini tempat-tempat yang namanya bersentuhan dengan Bugis.

Petojo

Di DKI Jakarta, tepatnya di wilayah Jakarta Pusat, ada dua kelurahan yang bernaung di bawah Kecamatan Gambir. Kedua Kelurahan tersebut bernama Petojo Utara dan Petojo Selatan.

Dahulu, kedua Kelurahan tersebut berawal dari satu kelurahan yang bernama Petojo. Karena adanya pemekaran wilayah, jadilah kelurahan tersebut dibagi dua.

Nama Petojo sendiri berasal dari nama seorang bangsawan suku Bugis Soppeng, Kesultanan Bone, bernama Arung Pattojo. Dia adalah orang kepercayaan Raja Bone, Aru Palakka.

Dia diutus Arung Palakka untuk bertemu dengan tokoh VOC, Speelman di Batavia pada 1663. Oleh VOC, Arung Pattojo kemudian diberi sebidang tanah di sebelah barat Kali Krukut, yang diberi nama “Pattojo Land”, dan termuat di dalam Peta Batavia buatan abad ke-19.

Pemberian tanah tersebut, sebagai hadiah dari VOC kepada ayah dari La Bode Karaeng Jampu ini, karena keikutsertaannya bergabung dengan VOC dalam menghadapi Kerajaan Makassar.

Angke

Arung Pattojo berangkat bersama 750 prajuritnya. Mereka ditampung di sebuah kampung yang diberi nama Muara Angke. Pasukan Arung Pattojo tersebut digelar To Angke sebuah bahasa Bugis yang artinya orang yang punyai nilai. Sekarang tempat tersebut disebut Kampung Bugis, lokasinya sekarang adalah di sebelah utara Jalan Pangeran Tubagus Angke, Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara.

Kampung Makassar

Kecamatan Makasar adalah sebuah kecamatan di Jakarta Timur, Jakarta. Disebut Kampung Makasar, karena sejak tahun 1686 dijadikan tempat pemukiman orang-/orang Makassar, di bawah pimpinan Kapten Daeng Matara (De Haan 1935:373). Mereka adalah bekas tawanan perang yang dibawa ke Batavia setelah Kerajaan Gowa, di bawah Sultan Hasanuddin, tunduk kepada Kompeni yang sepenuhnya dibantu oleh Kerajaan Bone dan Soppeng (Colenbrander 1925, (II):168: Poesponegoro 1984, (IV):208).

Pada awalnya mereka di Batavia diperlukan sebagai budak, kemudian dijadikan pasukan bantuan, dan dilibatkan dalam berbagai peperangan yang dilakukan oleh Kompeni. Pada 1673, mereka ditempatkan di sebelah utara Amanusgracht, yang kemudian dikenal dengan sebutan Kampung Baru (De Haan 1935:373).

Lagowa

Lagoa adalah sebuah kelurahan di Kecamatan Koja, Kota Administrasi Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta, Indonesia. Kelurahan ini memiliki penduduk sebanyak 56.651 jiwa dan luas 157,99 hektare.

Nama kelurahan Lagoa menurut cerita rakyat, diambil dari nama Lagoa atau La Gowa, seorang jagoan silat keturunan suku Bugis atau Mandar, yang dahulu pernah tinggal daerah Lagoa.

Dia adalah seorang jawara yang hidup sezaman dengan Si Pitung, dan beraktivitas di Pelabuhan Tanjung Priok. Lagowa juga dikenal sangat getol melawan kompeni Belanda.

Artikel Berikutnya

3 KOMENTAR

  1. Hey, I messaged previously about how explainer videos became an absolute must for every website in 2020.

    My team has created dozens of videos for real estate brokers, investors, and many other relevant industries, and our clients see amazing results from these productions.

    As you know, Google is constantly changing its SEO algorithm. The only thing that has remained consistent is that adding an explainer video increases website rank and most importantly keeps customers on your page for longer, increasing conversions ratios.

    My team has created thousands of marketing videos including dozens in your field. Simplify your pitch, increase website traffic, and close more business.

    Should I send over some industry-specific samples?

    — Eve Brooks

    Email: eve@explainthebusiness.com
    Website: http://explainthebusiness.com

  2. Hi,

    How are you doing? I aim to provide you a high quality, free of cost guest post article for your amazing website.

    I can send you some really great topic ideas for this purpose which would be relevant to your website niche for sure.

    If my topic ideas happen to appeal you, I’ll send over the article. I would just need a backlink in return of the article. The backlink needs to be within the body of the article.

    Please let me know your response to this, if I shall send topic ideas?

    Looking forward.

    Regards,

    Umer Ishfaq

Berikan Komentar Anda

Please enter your comment!
Please enter your name here

Komentar Pembaca

Tulisan Populer

Filosofi huruf lontara’

Lontara' adalah aksara tradisional masyarakat Bugis-Makassar. Lontara sendiri berasal dari kata lontar yang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang ada di Sulawesi Selatan. Istilah lontara...

Mengungkap Misteri Kerajaan Gaib Sungai Walenae

Sungai Walenae yang melintasi wilayah kabupaten Bone, Wajo, dan Soppeng, berhubungan erat dengan sungai Cenrana di wilayah Bone yang bermuara di Teluk Bone. Kedua...

Contoh Percakapan Bugis

Berikut ini disajikan contoh percakapan bahasa Bugis sehari-hari beserta artinya. Agar kosakata yang disajikan dapat diucapkan dengan baik dan benar maka terdapat 3 poin...

Pepatah Bugis Klasik

Pepatah merupakan pribahasa yang berisi nasihat atau ajaran yang diwariskan dari orang-orang terdahulu. Pepatah ini biasanya diungkapkan dalam berbagai kegiatan dalam suasana riang gembira. Contoh: Baik...