No menu items!
24.7 C
Watampone
Minggu, 7 Juni 20

Tuah Bugis Dua Temmassarang Tellu Temmallaiseng

Artikel Terbaru

Lirik Lagu Beu Puppu

BEU PUPPU Beu puppunaro kasi Tengindokku tengambokku Monrona ale-aleku Rilino makkasi-asi Pura makkoni totoku Pura makkoni jello'ku Tenginang tesselessureng Detona paccarinnae Guttuni marellung rellung Billa'ni tassiseng-siseng Ucapu campa aroku Upakkuru'na sungekku Rekko ritu wengngerangngi Indo'ku na ambo'ku Nakutudang ri...

Pappaseng Kearifan Lokal Manusia Bugis

Kearifan lokal dalam bahasa asing dikonsepsikan sebagai kebijakan setempat (local wisdom) atau kecerdasan setempat (local genius). Istilah local genius dilontarkan pertama kali oleh Quatritch...

Belanja di Warung Tetangga Wujud Kearifan Lokal Bugis

Agar pelaku usaha warung klontong dan kios tetap eksis dan dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya di tengah pandemi covid-19. Ajakan tersebut berdasarkan Imbauan Gubernur Sulawesi Selatan...

Amarah Manusia Bugis

Kami manusia Bugis adalah keturunan yang diajarkan menjaga harga diri dan martabat orang lain. Kami manusia Bugis adalah keturunan berabad-abad ditempa dengan gelombang dahsyat. Kami manusia...

Tetaplah semangat nikmati hidup tanpa kemurungan

Akhir-akhir ini kita hanya disibukkan dengan kata corona, negatif, dan positif. Kata-kata itu bagaikan ratnamutumanikam yang menghiasi langit. Bahkan kita dan dunia bagai terhipnotis...

Corona mengajak kita hidup sederhana

Dampak wabah virus Corona tidak hanya merugikan sisi kesehatan, bahkan turut mempengaruhi perekonomian negara-negara di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Ekonomi dunia dipastikan melambat, menyusul...

Luas Kabupaten di Sulawesi Selatan Tahun 2015

Luas Sulawesi Selatan pada 2015 mencapai 45.765 km². Adapun kabupaten terluas yaitu kabupaten Luwu Utara yaitu 7.503 km² Sementara wilayah terluas kedua adalah Luwu Timur,...

Jumlah Penduduk Sulawesi Selatan Tahun 2019

Jumlah penduduk Sulawesi Selatan pada 2019 mencapai 8.815.197 (8,8 juta) jiwa. Adapun penduduk terbanyak berada di Kota Makassar, yakni 1,5 juta jiwa. Sementara wilayah dengan...

Ungkapan Bugis Selamat Memasuki Bulan Ramadan

Limang tessiratte, watakkale tessiolong, rupa tessitangnga, ada tessilele, masseddiati sipaccingi, sipakatau, sipakalebbi, sipakainge', padatta rupatau. Ucuku' mariawa, kuaddampeng kitanreang, engka ammo melle' sisakka tessikua lao ri idi', baeccu' kiarega maraja. Passelle watakkale, assisompung teppettu, iya mua werekkada, salama' tapada salama' madduppa Uleng...

Kemenhan dan BNPT Larang Penggunaan Aplikasi Zoom

Kementerian Pertahanan (kemenhan) menerbitkan surat edaran berisi larangan untuk menggunakan aplikasi Zoom dalam video konferensi. Surat bernomor SE/57/IV/2020 itu ditandatangani Sekjen Kemhan, Laksamana Madya...

Sangat banyak petuah-petuah berbahasa Bugis yang sering dituturkan leluhur kita. Sebagai warga yang tumbuh besar di kampung Bugis tepatnya salah satu desa di bilangan Bone Utara.

Sejak kecil saya banyak mendengar kata-kata bijak leluhur Bugis, dalam berhubungan sosial misalnya Siatting lima, Sitonra ola, tessibelleang, Tessipano, Sipakatau, Sipakainge, Sipakalebbi, Malilu Sipakainge, dan lain-lain.

Adapula tutur kata Bugis yang yang sifatnya sastra, misalnya Duami Riala Sappo Unganna Panasae Belona Kanukue yang bermakna Unganna Panasae disebut Lempu yang berarti lurus/jujur kemudian Belona kanukue yang bermakna Pacci/Paccing yang berarti Bersih. Sebelumnya adalah Duami Riala Sappo yang bermakna hanya dua yang dijadikan sebagai pagar (Sappo).

Jadi ada dua unsur yang melekat dalam diri orang Bugis dalam melakoni hidup yakni Lempu (lurus/jujur) dan Paccing (bersih). Pacci dalam bahasa Indonesia disebuat daun pacar yang biasa digunakan untuk pewarna kuku.

Selain itu ada juga ungkapan penyemangat hidup “Resopa Temmangingngi Malomo Naletei Pammase dewata” dalam bahasa Indonesia adalah “hanya dengan kerja keras dan ketekunan akan mudah mendapatkan ridha Tuhan”. Hal ini bermakna dalam hidup ini untuk mendapatkan cita dan harapan haruslah bekerja keras dengan tekun, sabar, tabah, pantang menyerah.

Orang Bugis dikenal pantang menyerah dan gigih dalam berusaha. Pepatah inilah Resopa Temangingngi Namalomo Naletei Pammase Dewata yang selalu dipegang kuat sebagai pemicu semangat dalam meniti hidup. Ini juga dijadikan motivasi bagi mereka yang meninggalkan tanah Bugis ke tempat perantauan.

Tak jarang juga terdapat kata-kata bijak orang Bugis yang memiliki makna spiritual tinggi, misalnya Lima Temmassarang Asera Temmallaiseng selain itu ada juga kalimat seperti Dua Temmassarang Tellue Temmallaiseng dan lain sebagainya.

Tapi sayang sekali kearifan lokal Bugis di atas banyak ditinggalkan generasi Bugis sekarang jangankan mengetahui apalagi memahami terlebih makna yang terkandung di dalamnya.

Yang menjadi keprihatinan kita adalah dimasa mendatang bukan mustahil generasi penerus Bugis lebih memahami budaya luar dari pada budayanya sendiri, bahkan sudah tidak mampu lagi menuturkan bahasa Bugis.

Baik, mari kita memasuki pokok persoalan, saya hanya akan menguraikan sedikit makna tentang kalimat DUA TEMMASSARANG TELLU TEMMALLAISENG sesuai yang sering saya dengar dari orang tua sejak kecil.

Ungkapan Bugis DUA TEMMASSARANG TELLU TEMMALLAISENG dalam bahasa Indonesia adalah DUA TAK TERCERAIKAN TIGA TAK TERPISAHKAN. Kalimat ini memiliki makna yang sangat dalam yang bersifat spritual dan bisa menghasilkan beragam penafsiran.

Kata DUA TEMMASSARANG (dua yang tak terceraikan) ini adalah antara Pencipta dan yang diciptakan yakni antara TUHAN dengan HAMBA. Keduanya berbeda tapi tidak terceraikan dan tidak mungkin terpisahkan. Artinya, bahwa Hamba adalah bagian dari Tuhan, namun hamba bukanlah Tuhan.

Ketika tidak ada hamba siapa yang bertindak sebagai Tuhan?, dan ketika tidak ada Tuhan siapa selaku hamba? Oleh karena itu, Hamba adalah bagian dari Tuhan, akan tetapi hamba bukanlah Tuhan. ” Pajeppui Alemu Esseri Pawinrumu, Pajeppui Alemu Temmupada Pawinrumu”. Kenalilah Dirimu yakinlah yang menciptakanmu, Kenalilah Dirimu namun tidak sama yang menciptakanmu.

Kalimat selanjutnya TELLU TEMMALLAISENG yang berarti TIGA TAK TERPISAHAN yang artinya jika salah satunya mengalami masalah maka yang lainnya pun ikut bermasalah, salah satunya yang sakit maka yang lainnya pun turut sakit.

Jadi yang termaktub di dalam TELLU TEMMALLAISENG adalah Ininnawa (kata hati), Werekkada (ucapan), dan Pangkaukeng/Ampekedo (perbuatan). Maksudnya ketika kata hati/ininnawa selaras dengan ucapan/werekkada, maka perbuatan dan tindakan begitupun adanya.

Oleh karena itu, apabila dipadukan dengan makna kedua kalimat DUA TEMMASSARANG TELLU TEMMALLAISENG yakni antara Tuhan dan Hamba tidak terpisahkan dan jalani hidup seiring niat, ucapan, dan perbuatan. Hal ini sejalan dengan konsep tuntunan kesempurnaan hidup manusia yaitu “Ininnawa mpinru sadda, kemudian sadda mpinru Ada, selanjutnya ada mpinru Gau, dan Gau mpinru Tau”. kemudian Tau mpinru Deceng (kebaikan).

Tuah-tuah Bugis ini telah mengakar dalam jiwa setiap orang bugis dan menjadi keyakinan orang Bugis sampai saat ini. Jadi konsep DUA TEMMASSARANG TELLU TEMMALLAISENG merupakan suatu ajaran yang melihat masalah wujud dalam hal ini Tuhan, alam, dan manusia sebagai suatu kesatuan. Namun berada pada dimensinya masing-masing, dan Tuhan meliputi segala yang ada.

Begitu dalam sebenarnya makna dari kata DUA TEMMASSARANG TELLU TEMMALLAISENG namun sayangnya terkadang kita sebagai orang Bugis tidak tertarik untuk mengkaji kearifan dari leluhur kita.

Harus disadari, bahwa kearifan kita menyimpan begitu banyak nilai yang bisa dikaji kemudian diamalkan. Contoh di atas, baru secuil kalimat yang bisa dikemukakan di sini, sesungguhnya kalimat-kalimat di atas banyak tersimpan rapat di mulut para penutur Bugis itu sendiri.

Saya pun terheran-heran atas kecerdasan yang dimiliki para pendahulu Bugis yang mampu mengolong-golongkan antara kehidupan nyata dan tidak nyata kemudian dijadikannya sebagai SIMA’/Jimat hidup sehingga mampu memecahkan segala permasalahan hidupnya dan mampu menembus batas alam nyata dan tak nyata.

Terakhir, marilah kita jaga kearifan lokal kita agar bisa berkesinambungan, ambillah yang dianggap baik dan singkirkan yang kurang baik. Tentunya kembali kepada pembaca sendiri.

Sebagaimana petuah Bugis :

” Tenrinawa kessinna bunga sitakke rilipu tenritae, uni manu, gilittinro tengnga benni rilaleng nippi-nippie”.

“Ininnawa sumange bunga ripalla riwiring passiring, mattakke, madduang, mabbuah, mattappa unga ulaweng”.

Berita sebelumyaKumpulan Petuah Bugis
Berita berikutnyaEnsiklopedia Bugis

Artikel Berikutnya

Baca Juga

Tulisan Populer

Filosofi huruf lontara’

Lontara' adalah aksara tradisional masyarakat Bugis-Makassar. Lontara sendiri berasal dari kata lontar yang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang ada di Sulawesi Selatan. Istilah lontara...

Contoh Percakapan Bugis

Berikut ini disajikan contoh percakapan bahasa Bugis sehari-hari beserta artinya. Agar kosakata yang disajikan dapat diucapkan dengan baik dan benar maka terdapat 3 poin...

Mengungkap Misteri Kerajaan Gaib Sungai Walenae

Sungai Walenae yang melintasi wilayah kabupaten Bone, Wajo, dan Soppeng, berhubungan erat dengan sungai Cenrana di wilayah Bone yang bermuara di Teluk Bone. Kedua...

Pepatah Bugis Klasik

Pepatah merupakan pribahasa yang berisi nasihat atau ajaran yang diwariskan dari orang-orang terdahulu. Pepatah ini biasanya diungkapkan dalam berbagai kegiatan dalam suasana riang gembira. Contoh: Baik...